RUU Cipta Kerja Berpotensi Merugikan Lingkungan

RUU Cipta Kerja Berpotensi Merugikan Lingkungan

Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja mengundang kritik dari sejumlah kelompok pembela lingkungan hidup. Koalisi Bersihkan Indonesia menemukan 11 persoalan serius dalam draf RUU Cipta Kerja yang pemerintah serahkan pada Dewan Perwakilan Rakyat dua hari lalu.

Pasal 23 angka 37 mengenai perubahan Pasal 98 dan 99 Undang-Undang Lingkungan Hidup, misalnya, mengubah sanksi pidana bagi perusak lingkungan menjadi denda administratif. Sanksi pidana baru berlaku jika denda tidak dipatuhi. Aktivis menyatakan perubahan mendasar di sektor lingkungan ini bakal berdampak buruk pada biaya yang harus ditanggung masyarakat atau pemerintah akibat aktivitas perusahaan.

DPRD DKI Curigai Manipulasi Rekomendasi Formula E di Monas

KETUA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta Prasetio Edi Marsudi menduga terjadi manipulasi rekomendasi yang dilakukan Pemerintah DKI Jakarta. Balai Kota melakukan itu demi mendapat persetujuan dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka untuk menyelenggarakan Formula E di Monas.

Selasa lalu, Gubernur Anies Baswedan menyatakan telah mendapat rekomendasi Tim Cagar Budaya untuk menggunakan Monas sebagai lintasan balap mobil listrik tersebut. Anies menyampaikan keterangan itu pada Menteri Sekretaris Negara Pratikno melalui surat. Namun, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Mundardjito membantah klaim Balai Kota. Dia menyatakan tidak merekomendasikan Monas menjadi sirkuit, dengan alasan Monas merupakan cagar budaya yang sarat sejarah.

Leave a Reply